MTCNA singkatan dari MikroTik Certified Network Associate. MTCNA adalah program sertifikasi yang paling dasar untuk engineer agar memahami dasar-dasar networking. Gelar sertifikasi MTCNA ini berlaku sampai tiga tahun. Untuk mengikuti ujian sertifikasi MTCNA, diharapkan kepada seluruh peserta untuk mengikuti peraturan ini :
   1. Soal ujian menggunakan Bahasa Inggris.
   2. Dilarang melakukan copy paste & screenshoot soal.
   3. Jumlah soal sebanyak 25 soal
   4. Ujian dilakukan secara online dengan waktu 1 jam
   5. Bagi peserta yang mendapatkan nilai di bawah 49% dinyatakan TIDAK LULUS.
   6. Peserta yang mendapatkan nilai antara 50% -59% akan diberikan kesempatan ke dua atau second chance.
   7. Peserta dinyatakan LULUS jika nilai mencapai 60% ke atas.
   8. Saat ujian diperbolehkan untuk membuka buku atau open book namun tidak boleh berdiskusi ataupun mencontek.
   9. Sertifikat berlaku selama 3 tahun.

Tentang Mikrotik

Mikrotik Academy

Program MikroTik Akademi adalah program khusus untuk Institusi Pendidikan, seperti Universitas, Politeknik, Institut Teknik, SMK dan sekolah berbasis semester. Program ini memungkinkan Institusi Pendidikan untuk membuka kelas MikroTik (www.mikrotik.com) Bersertifikasi sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran dan membuka ujian sertifikasi bagi siswanya.

MTCNA

MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) adalah sebuah program sertifikasi dari MikroTik untuk teknisi (Network Engineer) pada tingkatan entry-level. Sertifikasi ini membantu Network Engineer untuk memahami dasar networking. MTCNA diperuntukkan bagi Network Specialist, Network Administrator, dan Network Support Engineer.


Kurikulum Mikrotik